sekitar Audio stereo Mobil


banyak unit audio mobil di perjualbelikan di pasaran, mulai dari yang berharga murah sampai termahal . semua di tujukan untuk mendapatkan hiburan yang menyenangkan dalam mobil selama dalam perjalanan .


kedatangan transistor maupun IC tidak hanya membuat audio mobil yang sangat kompak, tetapi juga mengurangi konsumsi daya dan beban baterai mobil di banding audio zaman tabung. Di samping itu juga ikut menurunkan harga dan menaikkan keandalannya . reproduksi musik dalam mobil mulai ada kesungguhan.timbullah suatu tuntutan untuk sesuatu yang lebih baik,sesuatu yang setidak-tidaknya menyamai kualitas sonik tinggi yang sudah menjadi kebiasaan yang di dapat dari sistem stereo di rumah.
anda dan semua orang terutama para penggemar audio tentu saja telah mengenal jauh tentang apa yang di sebut dengan audio stereo. pada sistem ini akan terdengar musik menggelora yang membaur dalam tiga dimensi sehingga mampu memberi efek ruang melebar dan jarak suara seperti halnya bila kita mendegarkan musik dalam ruangan konser yang sedang dimainkan . Di sini setiap alat musik yang di mainkan akan mengeluarkan suara yang merambat dan menempuh suatu jarak sebelum masuk ke telinga kita dengan fase yang berbeda antara satu dengan yang lainnya . perbedaan ini bisa saja karena letak antara telinga kiri dengan telinga kanan , sedangkan besaran fase ini tergantung dengan besarnya jarak yang di tempuh oleh masing-masing suara.inilah sebenarnya yang paling banyak berperan memberi efek tiga dimensi.
ada perbedaan yang sangat mencolok antara mendengarkan musik dari sebuah tape recorder mono dengan mendengarkan musik yang sama dari satu pergelaran.jauh terpisah dari kualitas suara,anda akan selalu sadar bahwa suara dari sebuah tape recorder datangnya dari sebuah loudspeker kecil , sedangkan suara aslinya datang dari berbagai sumber yang tersebar dan memainkan bunyi yang sama .Dampak pengunaan dua loudspeaker seperti ini juga akan sama rasanya dengan anada mendengarkan suara yang datang dari satu arah .Karena memang tidak menimbulkan efek ruangan , mungkin anda pernah berpendapat bahwa efek ruangan ini terjadi karena kita memiliki dua telinga ,tetapi kemudian anda dapat membuktikan bahwa dengan satu telingapun seseorang dapat merasakan perbedaan antara suara stereo dengan suara mono dari sebuah tape recorder. Jadi perbedaan utama antara stereo dengan mono,bukanlah jumlah atau banyaknya speaker yang di gunakan  ,tetapi jenis suara yang di timbulkan dari speaker-speaker tersebut .Bila setiap speaker mengeluarkan jenis suara yang sedikit berbeda sesuai apa yang si ambil oleh mikropon saat rekaman di lakukan ,maka dampaknya akan berupa suara stereo .Ini berarti anda akan mengetahui posisi alat-alat musiknya dan mendapat perasaan bahwa suara datang dari sumber yang tersebar dan bukan dari suatu titik tunggal.
Dalam sistem stereo dasar,suara yang di hasilkan oleh bagian kiri dari alat musik di tangkap oleh satu mikropon dan suara-suara dari alat musik bagian kanan di tangkap oleh mikropoen lainnya. Kedua isyarat  ini kemudian di perkuat seacara terpisah dalam ruang pendengar .inilah proses sederhana dari pembentukan stereo……semoga manfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: