tentang audio stereo sejati


stereo sejati tidak dapat di reproduksi dengan mendatangkan semua bentuk nada rendah dari satu loudspeaker dan semua bentuk nada tinggi dari loudspeaker lainnya

skeam blok rekaman system stereo
 

. Memang rekaman yang di buat dengan cara ini berbunyi sedikit lebih baik daripada rekaman mono.Cara perekaman seperti ini kemudian diperhalus untuk kemudian di peroleh untuk reproduksi ”stereo tiruan” dari rekaman mono yang di senangi dengan berbagai tingkat kenerhasilan . stereo sejati tidak begitu mudah  di capai , dan dengan perlengkapan rekaman berkualitas tinggi pun stereo terdapat banyak perbedaan dari satu rekaman dengan rekaman lainnya .

peralatan audio mobil pertama kali bermula dari radio mobil AM sederhana sebagai sumber berita dan hiburan yang di pasang dalam mobil-mobil bagus sebelum perang dunia ke dua.Pada waktu itu ,komponen utama masih mempergunakan bentuk tabung .secara berangsur-angsur orang kemudian menyadari bahwa radio mobil tidak lagi merupakan barang mewah melainkan sebagai pembantu dalam memperoleh informasi lalu lintas dan berjaga selama perjalanan-perjalanan jauh,terutama pada malam hari.
Ketika siaran radio FM stereo muncul di udara ,radio mobil juga ikut terbawa arus .Hampir semua radio mobil beralih ke sistem FM stereo yang di rasa mempunyai modulasi yang lebih menyenangkan .Ini terjadi ketika orang sibuk-sibuknya encari kualitas tinggi reproduksi musik dalam mobil secara sungguh-sungguh . Pemilik mobil ,terutama yang besar dan mewah , yang sudah terbiasa mendengarkan musik-musik stereo berkualitas tinggi di rumah semakin banyak saja yang merasa tidak puas pada bunyi kecil dari speaker mobil.Timbullah tuntutan-tuntutan yang lebih baik . Mereka menginginkan  sesuatu yang setidak-tidaknya menyamai kualitas sonik tinggi yang pada waktu itu sudah menjadi kebiasaan di dapat dari sistem stereo di rumah. Dan jika ada kebutuhan sudah pasti tentu ada yang memenuhinya.
Alat main piringan hitam merupakan salah satu jawaban pada saat itu. Ia adalah awal dari suatu industri yang berkembang dengan pesat dan berhasil mengatasi berbagai macam rintangan . Sekarang ini industri tersebut mampu menghasilkan produk-produk hiburan dalam mobil yang bernilai jutaan dollar .Terutama selama tahun-tahun terkhir ini ,bisnis hiburan dalam mobil mengalami kemajuan pesat  . Bahkan orang-orang terus berkeinginan untuk memiliki audio yang berkualitas bunyi sama dengan yang di dengarkan di rumah.

Sistem stereo dalam mobil sekarang ini masih umum di pakai terdiri atas penala AM ( Amplitudo  Modulasi ) , penala FM (Frequency Modulasi ) ,tape recorder (tanpa rekam) ,penguat daya (amplifier) ,dan dua pasang speaker. Komponen-Komponen tersebut di gabungkan dalam satu unit yang sering di sebut dengan ”sistem stereo mobil sendiri” . Dalam sistem ini komponen yang terpisah hanyalah dua speakernya saja.



 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: