perbaikan tv digitec tak ada gambar


sudah satu hari lebih ane perbaiki TV digitec 21 inchi,problemnya gambar tak mau keluar .hal pertama yang saya lakukan membuka tutup belakang tuh tv,semua mesin tv aku bersihkan karena memang itu sudah berumur puluhan tahun…jadi begitu banyak debu bertebaran di dalamnya…setelah selesai aku bersihkan dengan menggunakan kuas..yang di potong

ujungnya.tujuannya agar komponen yang bermasalah lebih cepat di ketemukan.hal pertama yang saya oprek adalah bagian power regulator bagian sekunder maupun primernya…di situ terukur tegangan 115 volt..lanjut menuju ke bagian horisontal terutama komponen transistor horisontalnya…aku ukur ternyata mengalami kebocoran…langsung ane ganti tuh transistor dengan nomor seri D1878 …karena ngga ada stok ane ganti aja pakai transistor D1883…setelah selesai pergantian transistor…mesin tv aku coba kasih setrum ..tetapi hasilnya masih seperti sebelumnya  alias ngga mau keluar gambar…oprekpun di lanjutkan dalam benak saya apa gerangan yang membuat gambar ngga mau keluar?? kemudian berlanjut ke plyback travo….ku lihat dan ku ukur…tak ada yang menyimpang…normal2 saja..tuh ..hmmmm…apanya nih? pikir saya dalam hati….terus pengukuran melaju ke resistor…dan capasitor ,condensator…setelah beberapa jam mencari penyakit kronis si TV itu…masih juga ane belum menemukan penyakitnya…dugaan saya mengarah ke IC chroma…

Image

setelah melepas komponen IC chroma dan memasang kembali dengan yang baru …lanjut aku test mesin tv …

bisa menyala normal…

berikut rincian komponen penting tv digitec 21 chasis HBAX-02A :

  • IC chroma TDA8361
  • IC vertical 3654
  • FBT FTK-21R002
  • AUDIO TDA2030
  • TUNER TBD1NOR14H
  • FET regulator F7sum
  • IC eprom HBI-00-03 zillog
  • TR horisontal D1878

demikian pengalaman saya pada hari ini semoga manfaat…

Leave a Reply

