perbaikan mainboard ngga ada suara…


selamat malam sahabat semua…

setelah selesai mengerjakan tv yang rusak dengan gejala ngga mau keluar …Image

bersambung saya menjumpai sebuah mainboard yang ngga mau keluar suara…sementara driver audio sudah terpasang..dan ketika di coba di monitor terlihat ada sinyal suara ..tapi ke headphone tidak terdengar sama sekali suaranya…wah ini pasti rusak hardware nya pikir saya dalam hati..segera saja aku bongkar CPU nya…langkah pertama saya menuju ke bagian audionya..test semua bagian tersebut…terutama resistor SMD yang berfungsi sebagai FUse…memang dalam meneliti kerusakan mainboard lebih rumit karena komponen sangat kecil sehingga perlu ketelitian dan hati-hati yang extra..mengingat komponen yang terdapat dalam mesin mainboard ..

kebetulan mainboard yang saya perbaiki adalah merk ADVANCE….ternyata fuse resistornya putus…speaker R dan SPEAKER L…pantas saja suaranya ngga keluar..langsung aku lepas tuh resistor menggunakan solder blower..dan aku kanibal aja ..kebetulan aku ada mpeg yang ngga terpakai aku kanibal aja ..dan aku pasang kembali…fuse resistornya dengan yang baru…hasilnya suara keluar kembali dengan normal seperti sedia kala…

 

Leave a Reply

